×

Warning

Error loading module Unknown storage engine ''

SEORANG KAWAN BERTANYA, BAGAIMANA PERUSAHAAN BERTANGGUNGJAWAB SOSIAL DALAM SITUASI SULIT SEPERTI SEKARANG INI?

Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social  Responsibility (CSR) tidak boleh berhenti oleh karena menurunnya pendapatan. Situasi sulit justru menjadi momentum CSR membuktikan peranannya. Seperti, meluncurkan produk dan jasa ramah lingkungan dengan harga kompetitif hingga terus mendorong peningkatan daya beli masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif.

Pendapatan yang tumbuh dari lokomotif CSR ini akan menjadi andalan bagi masa depan perusahaan. Sejak dekade lalu misalnya, kita ditunjukkan oleh Toyota dan Daihatsu yang meluncurkan Avanza dan Xenia di kelas mobil keluarga dan GranMax untuk usaha, hingga belakangan Agya dan Ayla untuk mobil kota (LCGC-Low Cost Green Car). Produk murah tetapi tidak murahan ini sangat ramah lingkungan. Irit bahan bakar. Pengemudi juga dipandu dengan pengingat eco drive bertanda hijau, yang artinya cara menyesuaikan persneling dengan injakan gas dan kopling sudah tepat, tidak melakukan pemborosan bahan bakar.  Produk seperti ini berhasil di pasaran. Ia kemudian menjadi kendaraan sejuta umat.

Cara CSR industri otomotif Toyota dan Daihatsu ini juga membangkitkan ekonomi masyarakat yang sedang lesu dengan efisiensi. Secara tidak langsung juga menciptakan peluang-peluang baru bagi mereka yang berbisnis. Dengan begitu, ekonomi yang melambat atau macet menjadi bergerak. Toyota dan Daihatsu pun menikmati pendapatan yang tinggi oleh karenanya. Mereka pun menikmati keuntungan dari social brand yang tercipta karena ramah lingkungan dan menjadi solusi kesulitan ekonomi masyarakat Indonesia. Di sini kita membuktikan, makin sulit keadaan ekonomi masyarakat, maka makin tinggi pula penghargaannya terhadap perusahaan atau brand yang membuktikan kebaikannya.

Fakta ini juga membuktikan bahwa CSR bukanlah divisi yang menyendiri tetapi visi dan aksi yang menyusup ke semua lini perusahaan. The La Tofi School of CSR pada penyelenggaraan Nusantara CSR Awards tahun ke 9 di 2018 ini ingin mengapresiasi perusahaan dan social brand yang telah membuktikan cerita perubahan dari beragam inisiatif.

Secara khusus melalui Nusantara CSR Awards 2018 ini kami akan mulai memberikan penghargaan tertinggi atas program terintegrasi yaitu ZAMRUD Nusantara CSR Awards 2018 kepada perusahaan atau grup perusahaan. Sebagai gambaran awal,  kami menetapkan:

  1. Balkondes atau Balai Ekonomi Desa oleh Kementerian BUMN, merupakan kolaborasi banyak perusahaan negara untuk meningkatkan jumlah wisatawan manca negara di sekitar Candi Borobudur, Danau Toba, maupun Labuhan Bajo
  2. Kampung Berseri Astra oleh PT Astra International Tbk yang telah mengembangkan 47 Kampung Berseri Astra di 17 provinsi dengan mengintegrasikan program pendidikan-kewirausahaan-lingkungan-kesehatan.
  3. Bedah Rumah Pejuang Integrasi oleh PT ASABRI (Persero) yang telah menuntaskan persoalan kebutuhan mendasar para pejuang integrasi Timor Timur.
  4. Tangerang Benderang oleh PT PLN (Persero) adalah kampung binaan PLN di Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, untuk kemandirian masyarakat dalam ekonomi. Melalui program ini berhasil menurunkan cantolan liar listrik, yang berarti juga mengurangi kerugian PLN.

Kepada perusahaan lainnya, silahkan mendaftar untuk kategori Zamrud CSR.

Begitu juga kepada direktur atau manager komunikasi dan CSR yang mengawal inisiatif hingga perusahaan atau brand mendapatkan citra baik di masyarakat, kami akan memberikan penghargaan Komunikator CSR Terbaik. Untuk pertama kali, kami menetapkan sebagai peraihnya:

  1. General Manager Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk/Ketua Bidang Komunikasi GAPKI, Tofan Mahdi.
  2. Kepala Bidang Privatisasi dan Sinergi BUMN Kementerian BUMN, Teddy Purnama.

Silahkan mendaftar dari perusahaan lainnya melalui kategori Komunikator CSR.

PUBLIKASI CSR ERA JOKOWI-JK

Secara total, menghitung kontribusi CSR dalam pembangunan nasional tidaklah sulit. Perusahaan hanya perlu mengemukakan seluruh program dan pencapaiannya. Oleh karena itu, dalam Nusantara CSR Awards 2018 ini kami ingin menerbitkan 2 edisi majalah-buku BISNIS&CSR dari PAPER peraih Nusantara CSR Awards 2018, dengan masing-masing judul:

  1. KINERJA CSR BUMN ERA JOKOWI-JK (Peraih Nusantara CSR Awards 2018)
  2. PENGABDIAN SWASTA KEPADA BANGSA (Peraih Nusantara CSR Awards 2018)

Buku yang akan diterbitkan ini akan diserahkan secara khusus oleh Chairman dan Senior Advisor The La Tofi School of CSR, La Tofi dan Hamdan Zoelva kepada Presiden Joko Widodo maupun Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, segera setelah peluncuran di acara penganugerahan Nusantara CSR Awards 2018.

PENGANUGERAHAN NUSANTARA CSR AWARDS 2018 DI RUANG HERITAGE 1 Lantai 16 HOTEL INDONESIA KEMPINSKI – JAKARTA, 17 OKTOBER 2018

Susunan Acara:

08.00 – 09.00

Registrasi dan Morning Tea                                        

09.00 – 09.10

Sambutan penyelenggara sekaligus sebagai Catatan Penilaian oleh Ketua Tim Penilai Nusantara CSR Awards 2018, La Tofi.

09.10 – 09.20

Sambutan Senior Advisor The La Tofi School of CSR, Hamdan Zoelva.

09.20 – 09.30

Pidato CSR Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengenai Kontribusi CSR BUMN dalam Pemerintahan Joko Widodo & Jusuf Kalla

09.30 – 09.40

Pidato CSR Presiden Direktur  PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto mengenai Kontribusi CSR Astra dalam Pembangunan Indonesia

09.40 – 09.50

Laporan sementara CSR Bersama Untuk Pemulihan Lombok

09.50 – 10.30

Penganugerahan Nusantara CSR Awards 2018 Sesi Pertama didahului Pidato CSR (10 menit) Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengenai CSR Indonesia dalam Industri 4.0

*Kategori Zamrud CSR dan Komunikator CSR memperoleh penghargaan di sesi pertama ini.

10.30 – 10.40

Peluncuran buku: 1. KINERJA CSR BUMN ERA JOKOWI-JK  2. PENGABDIAN SWASTA KEPADA BANGSA dengan menyerahkannya kepada Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

10.40 – 10.50

Break untuk memberi kesempatan kepada para menteri meninggalkan tempat acara.

10.50 – 11.00

Peluncuran ASOSIASI PEKERJA SOSIAL CSR INDONESIA kerjasama The La Tofi School of CSR dengan Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) dan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung

11.00 – 11.30

Presentasi perwakilan peraih terbaik dari masing-masing kategori

11.30 – 12.00

Penganugerahan Nusantara CSR Awards 2018 Sesi Kedua

12.00 – 13.00

Makan siang

 

Siapa yang boleh mendaftar dan apa saja kategori dalam Nusantara CSR Awards 2018?

Setiap perusahaan atau grup perusahaan yang dikelompokkan sebagai BUMN dan swasta, bisa mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran berikut dengan memilih kategori yang diikuti:

  1. Peningkatan Mutu Pendidikan: Kategori ini untuk inisiatif atau program yang fokus pada peningkatan kapasitas guru, kelompok wanita dan kelompok pemuda untuk mendapatkan keterampilan-keterampilan sosial yang perlu bagi peningkatan kehidupan sosial komunitas.
  2. Pemberdayaan Ekonomi Komunitas: Kategori ini menghargai inisiatif atau program yang mendorong penciptaan wirausaha baru dari warga komunitas dengan memberikan keterampilan dan modal (akses ke perbankan) serta penggunaan teknologi yang ramah lingkungan.
  3. Peningkatan Mutu Kesehatan: Kategori ini menghargai inisiatif atau program peningkatan ketersediaan atau kualitas fasilitas dasar kesehatan bagi komunitas, atau status kesehatan di komunitas daerah seperti pengurangan gizi buruk.
  4. Zamrud CSR: Kategori ini menghargai inisiatif atau program yang terintegrasi dengan dampak yang luas.
  5. Komunikator CSR: Kategori ini menghargai seseorang karena jabatannya, menjadi penyampai pesan-pesan kebaikan dalam CSR untuk mengelola hubungan harmonis dengan para stakeholder. (Syarat dan ketentuan kategori ke 5 berbeda dengan kategori 1-4, karena yang didaftarkan bukan program).

Perusahaan yang meraih penghargaan kategori 1-4 belum tentu memperoleh predikat The Best Nusantara CSR Awards 2018. The Best akan dipilih 9 perusahaan sesuai ranking.

Apa yang dimaksud dengan program oleh Nusantara CSR Awards?

        Program yang dimaksud adalah inisiatif-inisiatif yang mengubah wajah komunitas. Program telah dinilai dampaknya terhadap keberlangsungan lingkungan maupun masyarakat. Program merupakan inovasi yang mudah diterapkan.

        Khusus BUMN, disarankan untuk mendaftarkan program unggulan dari 3 tahun lalu hingga yang masih berlangsung. Bila menyertakan biaya yang dikeluarkan setiap tahun tidak harus mengacu pada program dimaksud, tetapi keseluruhan dari PKBL dan CSR. Dengan demikian akan tergambar Kontribusi CSR BUMN Era Jokowi-JK. Sedangkan swasta merupakan program tahun sebelumnya atau yang masih berlangsung.  

Bagaimana cara mendaftar?

Mengirimkan via email satu lembar pengantar pendaftaran ( untuk kategori yang didaftarkan) di atas kop surat perusahaan/pemerintah daerah, dan ditujukan:

Kepada Panitia Nusantara CSR Awards (The La Tofi School of CSR)

Jl. Tebet Barat Raya 102 Rusun Harum Blok A Lantai Dasar No. 2,3,5 & 8 Jakarta 12810

 

Kami mendaftar Nusantara CSR Awards 2018 dengan mengikuti kategori: (sebutkan).

Kami menyertakan PAPER dengan format MS Word dari  program yang kami lakukan sesuai kategori yang dipilih.

 

Yang bisa dihubungi untuk komunikasi lebih lanjut adalah:

nama, jabatan, email, nomor telepon, nomor fax, nomor hp, alamat.

 

Didaftarkan oleh:

nama, jabatan, email, nomor telepon, nomor fax, nomor hp, alamat, tanda tangan dan stempel perusahaan.

  • PAPER (MS Word) setiap kategori yang diikuti maksimal 8 halaman (termasuk tabel dan gambar dengat format jpg), berisi RENCANA – PELAKSANAAN – dan DAMPAK program.  Paper peraih penghargaan akan diterbitkan menjadi buku. Oleh karenanya buatlah paper dengan narasi “Cerita Perubahan”.
  • Boleh melengkapi atau menyertakan dokumentasi foto, video, leaflet, buku, kliping berita, sustainability report dalam file terpisah.
  • Pendaftaran Nusantara CSR Awards 2018 tidak dikenakan biaya.
  • Seluruh surat menyurat dikirim melalui email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Batas akhir pendaftaran Nusantara CSR Awards: 2018 yaitu 20 September

Kriteria Penilaian

     Seluruh program yang diikutkan pada Nusantara CSR Awards 2018 dinilai berdasarkan dampak positif yang ditimbulkan, inovasi-inovasi, serta mudah untuk diterapkan dan diukur.

 Dampak dari program mengacu pada tingkat dan cakupan kesuksesan program dalam mengatasi masalah berdasarkan identifikasi kebutuhan sosial. Dampak ini mengacu pada hasil kualitatif dan kuantitatif  dari program. Pedomannya adalah: bagaimana program ini mengubah kehidupan dari penerima manfaat? Apa dampak jangka panjang dari program ini? Seberapa berkelanjutan dampak tersebut? Faktor-faktor apa yang berkontribusi terhadap keberlanjutan?

 Inovasi pada program mengacu pada strategi atau inisiatif baru  apa  saja yang diadopsi untuk mengatasi kebutuhan sosial. Inovasi mengacu pada pemikiran “out-of-the-box” dan pendekatan yang belum diterapkan secara luas. Pedomannya adalah: apakah ini pendekatan baru? Apakah inovasi ini sudah diterapkan oleh perusahaan? Apa saja perbaikan yang diciptakan oleh program ini? Apa yang membedakan program ini dengan yang lainnya?

 Mudah diterapkan atau dicontoh, artinya: program mengacu pada potensi untuk merangsang pihak lainnya melakukan inovasi berikutnya. Mudah diterapkan artinya membuat program menjadi efektif serta mencapai hasil yang konsisten di lokasi-lokasi baru. Pedomannya adalah: tersedianya dokumen dan contoh untuk menerapkan program tersebut. Apakah program ini telah diimplementasikan sebelumnya atau apakah ada rencana menerapkan program ini di tempat lain?

  Mudah diukur artinya: program mengacu pada potensi untuk ditingkatkan dalam rangka mencapai target yang lebih besar. Pedomannya adalah:  apakah ada rencana untuk meningkatkan program? Berapa orang yang dapat menerima manfaat dari program ini apabila  ditingkatkan?

Sedangkan kategori 5 atau Komunikator CSR menggunakan formulir yang sama namun tidak menyebutkan program tetapi track record-nya dalam mengawal inisiatif CSR perusahaan.

Tim penilai

  1. La Tofi (Ketua Tim Penilai) Chairman The La Tofi School of  CSR
  2. Arief Rahmawan (Sekretaris Tim Penilai) Redaktur Pelaksana Majalah BISNIS&CSR
  3. Ibnu Hamad Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia

Untuk pendaftaran dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kantor The La Tofi School of CSR T/F. 021-8314360 atau Dias Yudhiastuti 081294757524, Muntohar 0811188341,  Aryo H Prayoga 08161365571, E: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.